Slasher Mengetahui Alasan Ban Akun Twitch DrDisrespect

Esports Gaming

Slasher Mengungkapkan Mengetahui Alasan Dibalik Ban Akun Twitch DrDisrespect

 

Sejak akun live streaming populer Dr. Disrespect di-ban dari Twitch pada bulan Juni tanpa ada penjelasan dari Dr. Disrespect sendiri atau situs webnya, komunitas game telah berada di ambang batas kesabaran dan kini mulai mencari informasi apa pun untuk menemukan alasan di balik ban tersebut.

Pada 26 Juni 2020 lalu, komunitas Twitch dikejutkan dengan pengumuman bahwa akun Dr. Disrespect telah di-ban, entah untuk sementara waktu atau permanen. Alasan dibalik dilarangnya akun tersebut eksis pun belum diketahui dengan jelas. Akun Shannon Liao (@Shannon_Liao) pun membuat post terkait pernyataan dari Twitch mengenai akun Dr. Disrespect.

“Pernyataan dari Twitch mengenai dilarangnya akun @drdisrespect : “Dalam pemrosesan kami, kami sudah mengambil tindakan yang layak. Kami juga telah mendapatkan bukti yang kuat bahwa streamer ini melakukan hal-hal yang melanggar pedoman komunitas dan ketentuan layanan kami. Ini berlaku untuk semua streamer tanpa memandang status dan keunggulannya di tengah masyarakat (audiens Twitch).”

Pengamat Esports, Rod “Slasher” Breslau, yang melaporkan ban Dr. Disrespect adalah permanen dan mengatakan bahwa ia tahu mengapa ia (Dr. Disrespect) di-ban, mengatakan kepada streamer HasanAbi hari ini bahwa ia belum menerbitkan alasan dibalik larangan itu karena ia ingin publikasi untuk melindunginya.

“Saya tidak ingin menaruhnya secara pribadi di Twitter dan saya perlu publikasi untuk mendukung saya,” kata Slasher. “Tapi ini membutuhkan ganti rugi yang saya inginkan dan agak sulit untuk diperoleh dan itu berarti saya harus mendapatkan perlindungan hukum dari outlet (platform) yang saya terbitkan untuk apa pun yang akan terjadi sesudahnya.”

Slasher juga mengatakan gugatan pencemaran nama baik adalah yang paling memprihatinkan dan karena itulah baik Slasher sendiri atau jurnalis lain tidak ada yang menerbitkan berita itu di Twitter atau di tempat lain. Selain itu, dia mengatakan jika perubahan platform adalah masalah dibalik hilangnya akun Dr. Disrespect, dia pasti sudah mengumumkannya.

Karena baik Twitch maupun Dr Disrespect tidak menyebutkan alasan mengapa akun tersebut dilarang, masyarakat mulai berspekulasi dan membuat rumor.  Satu teori mengklaim platform streaming baru, Brime, menawarkan Dr, Disrespect dari Twitch untuk membuat kontrak dengannya, dan bahwa Twitch telah melarangnya untuk mencoba keluar dari kontrak. Banyak streamer dan Slasher mengatakan ini sepenuhnya salah.

Untuk kedepannya, masih belum diketahui bagaimana hubungan dan kontrak Dr. Disrespect dengan Twitch akan berjalan, lantaran belum adanya kejelasan dari Twitch sendiri mengenai alasan dibalik tindakan mereka dengan menjatuhkan ban pada akun Dr. Disrespect.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *