Produksi PlayStation5 Naik Dua Kali Lipat

Gaming

Sony Mengumumkan Akan Memproduksi PS5 Dua Kali Lipat

 

Sony nampaknya akan mendobelkan jumlah produksi PS5, berkenaan dengan tingginya angka permintaan konsol.

Perusahaan tersebut dilaporkan pada awalnya merencanakan untuk memproduksi hanya lima hingga enam juta unit PS5 pada akhir Maret 2021. Tetapi sekarang, Bloomberg melaporkan bahwa Sony ingin memproduksi hampir dua kali lipat jumlah itu (berarti sekitar 10 juta unit) sebelum peluncuran PS5, yang dijadwalkan untuk dirilis musim liburan ini.

Tetapi bahkan dengan peningkatan produksi ini, Sony mungkin masih akan menghadapi tantangan dsn kesulitan dalam hal mengirimkan konsol tersebut dengan ekstra tepat waktu. Mayoritas konsol ini diproduksi di China dan butuh waktu pengiriman berbulan-bulan untuk sampai ke AS dan Eropa melalui jalur pengiriman laut. Sony dapat mencoba menggunakan kargo udara untuk pengiriman yang lebih cepat seperti pada 2013 untuk peluncuran PS4, tetapi maskapai saat ini hanya melayani dengan jumlah terbatas karena COVID-19.

Nintendo menghadapi masalah yang kurang lebih sama pada awal tahun ini.  Perusahaan Nintendo berjuang untuk mengisi kembali stok konsol Nintendo Switch pada bulan Maret, tetapi persediaannya baru dapat kembali normal pada akhir Juni.

Produksi massal PS5 dimulai dari bulan Juli lalu dan setengah dari unit tambahan diperkirakan akan rampung pada bulan September, menurut Bloomberg. Batch pertama ini dilaporkan akan digunakan sebagai stok saat peluncuran dan untuk banyaknya orang yang akan belanja pada musim liburan nanti. Lima juta unit lainnya akan selesai antara Oktober dan Desember, menurut Bloomberg, sehingga pengecer mungkin tidak akan menerima mereka sampai 4 bulan pertama di tahun 2021.

Ketika PS4 dirilis pada November 2013, butuh delapan bulan untuk konsol tersebut mencapai 10 juta unit penjualan pada bulan Agustus. Untuk PS5 sendiri, sepertinya lonjakan yang terjadi adalah akibat dari kebosanan masyarakat selama isolasi mandiri atau karantina mandiri dikarenakan wabah COVID-19.

Selain itu, akan ada banyak game untuk konsol PS5 yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Seperti Spider-man, Assassin’s Creed Valhalla, Grand Theft Auto V, Resident Evil Village, Cyberpunk 2077, dan masih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *