Magic : The Gathering Mengumumkan Banned Cards

Esports Gaming

Kartu-kartu MTG Ini Akan Dilarang Untuk Digunakan Dalam Kompetitif

Seiring dengan banyaknya pengguna kartu Wilderness Reclamation, Teferi, Time Raveler, dan Growth Spiral pada MTG Arena PT Finals beberapa minggu lalu, ketiga kartu tersebut akan dilarang dalam format standard. Sebagai tambahan, selain penggunaannya dilarang, Wilderness Reclamation dan Teferi, Time Raveler juga akan dilarang dari format Historic dan Brawl. Tak ketinggalan, format Pioneer juga tidak memperbolehkan penggunaan kartu-kartu itu.

Berikut adalah daftar kartu yang akan dilarang dalam MTG :

Standar

Wilderness Reclamation
Growth Spiral
Teferi, Time Raveler
Cauldron Familiar

Pioneer

Inverter of Truth
Kethis, the Hidden Hand
Walking Ballista
Underworld Breach

 

Historic

Wilderness Reclamation suspended
Teferi, Time Raveler suspended

Brawl

Teferi, Time Raveler suspended

Berbeda dari pengumuman MTG Banned and Restricted sebelumnya, reveal yang dilakukan kali ini tidak diberitahukan sebelumnya. WotC melewatkan pemberitahuan awal sehubungan dengan banyaknya permainan yang dipindahkan ke platform digital atau online karena pandemi COVID-19. Banyak pemain yang merasa lega dengan larangan yang diberikan, terutama untuk format standard dan historic.

Teferi, Time Raveler telah menjadi kartu planeswalker penentu kemenangan dalam format Standard dan Historic selama satu tahun ini, mengakibatkan banyak pemain meminta untuk kartu tersebut dilarang penggunaannya. Teferi seharusnya digunakan untuk menjaga Wilderness Reclamation dalam field, namun justru Teferi masuk kedalam build Four-Color Reclamation. Hal yang sama terjadi pada Growth Spiral, GS adalah salah satu kartu yang paling banyak dimainkan dalam jangka waktu enam bulan belakangan. Wilderness Reclamation juga telah mendominasi format Standard dalam match kompetitif dan digital ranked.

Format Pioneer sendiri belum banyak diperhatikan pemain sehubunhan dengan pandemi COVID-19. Meskipun tabletop gameplay banyak berkurang, Pioneer tetap hidup pada Magic Online. Suspension yang diberikan adalah untuk mengganggu deck Inverter of Truth, Underworld Breach, Jeliod/Walking Ballista combo, dan Kethis, the Hidden Hand dengan tujuan menjaga format tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *