Twitch Diminta Untuk Lebih Tegas Mengenai Musik

Esports Gaming

Twitch Diminta Untuk Bersikap Lebih Tegas Mengenai Penggunaan Musik

Nonprofit trade group, Artist Rights Alliance (ARA) mengirimkan surat pada hari Senin yang ditujukan pada CEO Amazon, Jeff Bezos terkait testimoni yang ia berikan kepada House Judiciary Committee : Antitrust Subcommittee pada 29 Juli. Testimoni yang ia berikan ialah mengenai penggunaan musik tanpa lisensi dalam live streaming perusahaan mereka melalui platform Twitch.

Ketika ditanyai oleh representatif Kelly Armstrong (R-ND) apabila Twitch mengizinkan konten kreator untuk melakukan stream musik tanpa lisensi, Bezos merespon bahwa ia tidak tahu menahu mengenai izin dari Twitch sendiri mengenai penggunaan musik tanpa lisensi.

Dalam surat yang dikirimkan pada Bezos di hsri Senin (dan diunggah pada Medium.com), Board Member dari ARA, Tiff Merritt menghubungi Amazon untuk mencari tahu lebih.

“Jess Bezos tidak dapat menjawab pertanyaan pada kongres apakah fasilitas live streaming Twitch memperbolehkan pengguna untuk mengunggah lagu tak berrlisensi. Sang artis pembuat musik tidak hanya layak mendapat respek, namun mereka juga seharusnya diberikan bayaran yang adil.” Tulis Tift

Konten kreator dari Twitch sering tertangkap berada diantara pemegang hak cipta dan Twitch sendiri sebagai platform, karena Twitch biasanya menghasilkan Digital Millennium Copyright Act (DMCA), dimana para konten kreator harus mengikuti apabila platform melakukan sensor atau bahkan menghapus konten apapun yang memiliki lagu dibawah hak cipta. Twitch juga memulai sebuah proses tahun ini dimana mereka memberikan DMCA berdasarkan scan dari clip selama live stream untuk lagu yang memilik8 hak cipta dan menghapus lagu-lagu yang dianggap lagu tanpa lisensi. Pada umumnya, perusahaan membutuhkan konten kreator untuk hanya menggunakan musik yang memiliki lisensi, seperti yang tercantum dalam community guidelines mengenai musik.

Surat yang dikirimkan pada Bezos seharusnya menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kongres, dan apabila jawabannya adalah “ya”, maka ia harus melakukan lebih untuk memberikan solusi :

“Apabila jawabannya adalah ‘ya’, kami lebih jauh meminta anda untuk menjelaskan apa yang anda lakukan saat ini dan rencana anda untuk secara proaktif menghentikan ini dari terjadi lagi dan meyakinkan bahwa para artist dan penulis lagu dibayar dengan adil untuk karya mereka ketika ditampilkan di Twitch.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *