Garena Free Fire Pecahkan Rekor Pemain Aktif di 2020

Esports Gaming

 Garena Free Fire 2020 Memecahkan Rekor Tertinggi Pemain Aktif

Game battle royale berbasis mobile, Garena Free Fore berada di puncak angka tertinggi jumlah pemain di kuarter kedua 2020. Sebuah laporan yang dipublikasi oleh Sea Limited, perusahaan induk dari Garena, menunjukkan bahwa data aplikasi dan platform analitik Annie mencatat Free Fire sebagai mobile game dengan penjualan tertinggi di Amerika Latin dan Asia Tenggara.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Free Fire telah sukses mendapatkan rekor tertinggi dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif per hari dalam kuarter kedua 2020 ini. Sepanjang periode ini, Free Fire juga menempati posisi ketiga dalam kategori mobile game yang paling banyak diunduh. Laporan itu juga menyatakan, “Pada Juli 2020, Garena mencapai rekor terbaru tertinggi per bulannya. Dimana Free Fire juga mendapatkan rekor tertinggi untuk pemain yang melakukan pembelian dalam game di bulan Juli, yang merupakan dua kali dari tahun sebelumnya.”

Sea melaporkan dalam laporan penghasilan selama kuarter kedua 2020, total penghasilan untuk digital entertainment dan gaming Garena mencapai $384 juta USD dari $230 juta selama periode yang sama di tahun lalu. Perusahaan menduga kenaikan dalam penghasilan sebesar 67.3% merupakan hasil dari basis pengguna aktif dan memperdalam pemain yang membayar untuk berbagai atribut dalam game. Penghasilan dari Garena menutupi kurang lebih 43.5% dari total penghasilan Sea selama periode ini.

Dalam sisi esports, Garena mengadakan turnamen Free Fire Asia All-Stars, yang mendapatkan lebih dari 20 juta penonton di berbagai platform. Turnamen regional Free Fire dan aktifitas komunitas juga tercatat mendapatkan lebih dari 120 juta penonton selama periode kedua 2020. Kerjasama penting lainnya yang dibicarakan Garena  adalah dengan Money Heist dari Netflix untuk crossover spesial in-game dengan acara tersebut, yang diperkirakan untuk diluncurkan pada September.

Garena Free Fire juga telah secara konsisten menunjukkan perkembangan selama paruh kedua 2019 dan sepanjang 2020, dan telah menjadi rival ketat untuk judul yang lebih veteran seperti PUBG Mobile. Genre mobile shooter sedang menjadi tren kompetitif setelah dirilisnya Call of Duty : Mobile di 2019 dan rencana EA untuk meluncurkan Apex Legends Mobile di 2021. Free Fire telah menjadi judul game mobile shooter terpopuler di Amerika Latin dan Thailand, dan sudah ada usaha yang lebih terkonsentrasi untuk mempopulerkan game tersebut dalam pasar mobile lain, seperti negara-negara SEA lainnya (Garena merupakan klien dari AFK Gaming).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *