Apple Ungkap Penyelesaian Mudah Untuk Kontroversi Epic Games

Esports Gaming

Jika Saja Epic Mau Menghapus Update Pembelian Langsung

Dalam pemberkasan di pengadilan, Apple mengatakan bahwa Fortnite dan developer Unreal Engine sedang mencari perlindungan dari pengadilan untuk masalah yang mereka ciptakan sendiri dan dapat diselesaikan apabila mereka mau dengan mudah menghapus update yang dirilis pada 13 Agustus.

Pemberkasan yang berlangsung bolak-balik ini terkait dengan Epic Games yang merilis hotfix update untuk Fortnite di iOS yang memungkinkan konsumen untuk membeli secara langsung dari Epic dan melewati sistem pembayaran Apple. Developer dari game ini juga menawarkan diskon untuk mereka yang melakukan pembelian langsung, yang jelas saja menjadi lebih atraktif ketimbang membeli melalui Apple. Langkah ini memungkinkan Epic Games untuk menghindari 30% yang seharusnya mereka berikan pada Apple di tiap pembelian.

Pada hari Senin, mengikuti informasi yang diberikan oleh Apple pada Epic bahwa mereka akan menghapus status developer Epic pada akhir Agustus, developer dari Fortnite membuat berkas untuk perintah melawan keputusan Apple. Status developer program ini berkaitan dengan Unreal Engine, yang mana digunakan untuk banyak games iOS dan Android, dimana game yang paling populer adalah PUBG MOBILE. Apabila Apple menang melawan perintah dari Epic itu, Epic akan kehilangan status developer program mereka di akhir Agustus dan tidak akan lagi dapat memberikan update untuk Fortnite dengan menggunakan teknologi mesin game itu.

Dalam berkasnya, Apple mengatakan bahwa persetujuan mereka dengan Epic adalah “secara jelas menyatakan bahwa jika developer aplikasi melanggar aturan App Store atau lisensi untuk alat pengembangan — keduanya berlaku dan diberlakukan secara sama untuk semua developer besar dan kecil — Apple akan berhenti bekerja dengan developer itu. ”

Apple juga melanjutkan dengan memberi catatan bahwa Epic Games “dengan mengetahui dan sengaja menciptakan kesulitan bagi para pemain game dan kini developer mereka meminta pengadilan untuk masuk dan menebus kesalahan.”

Apple menyebutkan bahwa semua berkas gugatan yang diberikan Epic kepada pengadilan “akan dapat hilang besok apabila Epic menyelesaikan pelanggarannya.”

Mereka juga memberi catatan bahwa Epic seharusnya dapat bebas mencari alasan yang legal apabila mereka memiliki masalah dengan App Store, namun mereka justru memilih untuk melakukan pelanggaran terhadap persetujuan yang ada dengan melewati sistem pembayaran Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *