Trump Menolak Memperpanjang Tenggat Waktu Penjualan TikTok

Esports

Trump Memaksa Batas Waktu Tetap Berada di 15 September

Pada hari Kamis, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia tidak akan memperpanjang batas waktu 20 September yang dicantumkan dalam perintah eksekutif Agustus yang memaksa perusahaan China, ByteDance untuk menjual operasi aplikasi video pendek TikTok di AS.

Saat tenggat waktu itu semakin dekat, penjualan TikTok ke perusahaan lain menjadi semakin tidak mungkin karena pemerintah China dan AS harus menyetujui kesepakatan tersebut, dan mengingat hubungan antara kedua negara saat ini, kemungkinan untuk mencapai kesepakatan diletakkan di ambang antara tipis dan tidak ada.  Selain itu, Trump mengatakan bahwa dia akan menentang penjualan operasi TikTok di AS kepada pengecer Walmart, salah satu penawar yang bersekutu dengan Microsoft untuk membuat penawaran senilai puluhan miliar dolar.  Menurut laporan, perusahaan lain yang bersaing untuk membeli TikTok termasuk Oracle dan Twitter.

China baru-baru ini merevisi pembatasan ekspor yang memaksa perusahaan untuk mendapatkan lisensi khusus untuk melakukan tansfer algoritme, text analyy, teknologi AI, dan banyak lagi. TikTok menggunakan teknologi perangkat lunak semacam ini, yang berarti ByteDance memerlukan lisensi khusus dari pemerintah China untuk menyelesaikan penjualan apa pun.

Dengan kesepakatan yang tidak mungkin terjadi sebelum 20 September, Trump menentang Walmart sebagai pembeli, dan China serta AS kemungkinan tidak akan menyetujui penjualan tersebut, ByteDance kehabisan opsi.

Jika tenggat waktu itu berlalu, langkah selanjutnya kemungkinan besar pemerintah AS memerintahkan Apple, Google, dan toko aplikasi lain yang terkait dengan perangkat iOS dan Android untuk menghapus aplikasi.

TikTok mungkin akan mendapatkan keringanan di Pengadilan Federal dimana mereka telah mengajukan gugatan terhadap pemerintah AS pada akhir Agustus. Karyawan perusahaan tersebut juga telah mengajukan tuntutan hukum untuk meminta perintah terhadap tenggat waktu pemerintah karena itu akan membatasi kemampuan TikTok untuk membayar mereka jika terpaksa ditutup.

Ada juga banyak kebingungan tentang tanggal tenggat waktu yang sebenarnya.  Trump telah menyebutkan 15 September beberapa kali sebagai tanggal batas waktu, tetapi itu tidak sesuai dengan perintah eksekutif yang dikeluarkan pada bulan Agustus.  Pada 15 Agustus, ByteDance diberikan waktu 45 hari sejak tanggal perintah eksekutif sebagai tenggat waktu. Garis waktu itu akan membuat tenggat waktu berubah menjadi 29 September.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *