Perjanjian Antara Tiktok dan Oracle Tunda Tenggat Waktu dari Trump

Esports Gaming

Trump Sekaligus Tinjau Jalannya Banyak Perjanjin

Departemen Keuangan AS mengeluarkan pernyataan pada hari Sabtu malam untuk secara resmi menyoroti bahwa Presiden Donald Trump telah meninjau kesepakatan antara TikTok, Oracle, dan Walmart, dan tampaknya menyetujuinya.

“Presiden telah meninjau kesepakatan antara Oracle, Walmart, dan TikTok Global untuk mengatasi ancaman keamanan nasional yang ditimbulkan oleh operasi TikTok,” bunyi pernyataan dari juru bicara Departemen Keuangan Minica Crowley.  “Oracle akan bertanggung jawab atas teknologi utama dan tanggung jawab atas keamanan untuk melindungi semua data pengguna AS.  Persetujuan transaksi tunduk pada penutupan dengan Oracle dan Walmart serta dokumentasi dan ketentuan yang diperlukan untuk disetujui oleh CFIUS. “

Berkat kesepakatan ini, dan persetujuan Administrasi, larangan TikTok telah ditunda hingga 27 September. Jika disetujui oleh Komite Keuangan Asing di Amerika Serikat (CFIUS), operasi TikTok di AS sebagian besar akan tetap utuh dan operasional. Kerja sama dengan Oracle dan Walmart mungkin memerlukan persetujuan dari pemerintah China.

Larangan itu adalah hasil dari perintah Departemen Perdagangan pada hari Jumat, yang dipicu oleh perintah eksekutif dari Presiden Donald Trump pada bulan Agustus.

Pengumuman dari Departemen Keuangan datang setelah pernyataan yang dikeluarkan oleh TikTok yang mengumumkan proposal dengan Oracle dan Walmart untuk menyelesaikan masalah keamanan apa pun yang mungkin dimiliki pemerintah AS. Berdasarkan ketentuan kesepakatan ini, Oracle akan menjadi “penyedia teknologi tepercaya”, yang akan menampung semua data pengguna AS, dan mengamankan “sistem komputer terkait untuk memastikan persyaratan keamanan nasional dipenuhi sepenuhnya.”

Oracle juga mengeluarkan pernyataan Sabtu malam yang mencatat bahwa mereka akan membeli 12,5% saham di TikTok Global.

“Oracle mengonfirmasi pernyataan Sekretaris Mnuchin bahwa itu adalah bagian dari proposal yang diajukan oleh ByteDance ke Departemen Keuangan selama akhir pekan di mana Oracle akan bertindak sebagai penyedia teknologi tepercaya,” kata perusahaan itu. “Oracle memiliki rekam jejak 40 tahun dalam menyediakan solusi teknologi yang aman dan berkinerja tinggi.”

Akhirnya, Walmart mengeluarkan pernyataan yang mencatat bahwa mereka akan mengambil hingga 7,5% saham di TikTik Global, bahwa CEO Doug McMillon akan bergabung dengan dewan, dan bahwa mereka akan menyediakan “e-niaga, pemenuhan, pembayaran, dan layanan omnichannel lainnya ke TikTok Global.  . ”

Bloomberg juga melaporkan bahwa Trump menginginkan $5 miliar USD dari kesepakatan itu untuk digunakan dalam proyek pendidikan yang akan “mendidik orang-orang tentang sejarah nyata negara kita – sejarah nyata, bukan sejarah palsu.”  Dia mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih hari Sabtu bahwa perusahaan setuju untuk menyumbangkan $5 miliar ke “yayasan pendidikan.”

Sementara koneksi TikTok ke esports mungkin tampak bersinggungan, sebelum perintah eksekutif Trump, TikTok selaku platform video pendek mulai membuat kemajuan dengan influencer dan organisasi esports. Banyak yang mulai mengevaluasi nilai platform untuk promosi, dan dalam beberapa bulan terakhir merek seperti Louis Vitton, Dior, Fendi, dan Puma telah menggunakannya meskipun ada kekhawatiran tentang larangan itu di AS.

Esports memang hadir di platform ini, meskipun tidak ada artinya jika dibandingkan dengan platform streaming langsung seperti Twitch dan YouTube. Tagar #esports memiliki lebih dari 800 juta penayangan, dan pemberi pengaruh seperti pemain TSM Ali “Myth” Kabbani (884,3 ribu pengikut, 5,3 juta suka), Frazier Khattri dari Klan FaZe (1,9 juta pengikut, 13,8 juta suka), bintang YouTube Jimmy “MrBeast”  Donaldson (12,1 juta pengikut, 135 juta suka), YouTuber Lannan “LazerBeam” Eacott (5,5 juta pengikut 41,7 juta suka), dan banyak lainnya telah berhasil mengumpulkan pengikut terhormat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *