Asean Games 2019

Keseriusan Singapore Memperisapkan Altet Esports, Di Asean Games 2019

Esports

Meskipun Singapore merupakan salah satu negara dengan luas tekecil di kawasan ASEAN, tapi jangan pandang sebelah mata soal infrastruktur dan SDM di negara Singa tersebut. Demi reputasinya di kawasan ASEAN khususnya di ajang turnamen olahraga terbesar se Asia Tenggara, SEA GAMES 2019 yang akan digelar di Filipina.

Hal ini terbukti dengan dukungan pemerintah Singapore untuk salah satu cabang olahraga, Esports. Singapore Sports Hub bekerja sama dengan Team Flash untuk mmbangun sarana fasiltias esports. Hal ini bertujan untuk mengembangkan potensial talenta atlit esport di Singapore. Secara perkembangan esport di negara ini tumbuh dengan begitu cepatm sehingga butuh wadah untuk membimbing mereka menjadi pro player yang bisa mewakili negara Singapore di SEA GAMES tahun ini.

Adam Firth, Kepala Komersial Singapore Sports Hub mengatakan ‘Kami bangga menjadi salah satu bagian dari pengembangan salah satu cabang olahraga SEA GAMES tahun ini. Kami pun sudah menjalin kerja sama dengan Team Flash untuk merancang penyediaan tempat yang lebih kondusif untuk para altet, teumata cabang Esport’  saat jumpa pers Selasa(5/3) kemarin.

Respon positif ditunjukan oleh Team Flash dengan hal yang berkaitan dengan pengembangan atlet atlet di Singapore terutama Esports. Dengan pembangunan fasilitias atlet Esport ini diharapkan akan lebih membantu para atlet untuk lebih fokus ke pelatihan mereka dan menyediakan tempat yang layak untuk memantau perkembangan mereka. Berbagi fasiltas seperti tempat gym, fisioterapi serta mendatangkan psikolog untuk menempa mental para atlet di arena pertandingan. Hal ini sangat perlu dilakukan, mengingat salah satu gim ini sangat menguras tenaga dan konsentrasi para pemain, diharapkan untuk lebih bisa mengontrol diri. Untuk fasilitas tempat gym juga sangat penting peranannya untuk menjaga stamina dan kebugaran mereka disaat ketatnya jadwal latihan dan menjelang SEA GAMES berlangsung.

Sebelumnya Singapore sudah memilii atlet andalan seperti Joseph “Zarate” dan Amraan Gani “Amraan”, dimana keduanya pernah mewakili Singapore di babak playoff global FIFA E-World Cup pada 2018 lalu di Amsterdam, Belanda. Dengan adanya altet yang sudah go internasional tersebut, diharapkan altet baru akan muncul dengan adanya pembagunan fasilitas dari pemerintah Singapore ini. Terlebih persiapan menjelang SEA GAMES 2019 Filipina sudah dekat. Dilain sisi, ada harapan menjadikan kota Singapore menjadi salah satu pusat bagi telenta baru di duina gaming.

Menilai dari keseriusan negara Singapore mengebangkan dunia Esport dengan membangun fasiltas khusus, maka Indonesia juga harus meniru apa yang negara ini lakukan untuk memberi perhatian lebih kepada para atletnya. Meskipun sekarang Indonesia sudah banyak mengirimkan waklinya di pegelaran Internasional Esport. Setujukah kalian jika para atlet Indonesia diberi fasilitas yang sama dengan atlet cabang olahraga yang lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *