Ceb Kembali Aktif Dalam DOTA2

Dota2 Esports Gaming

Ceb Kembali Aktif Dalam DOTA2 Untuk OG

OG membuat komunitas Dota 2 terkejut baru-baru ini dengan mengumumkan mantan pelatih dan offlaner, Sébastien “Ceb” Debs akan segera kembali ke roster secara efektif, menggantikan midlaner Syed “SumaiL” Hassan.

Meskipun komunitas DOTA2 tidak asing dengan berbagai kejutan seperti ini dari OG — terutama tepat sebelum International Season dimulai — kembalinya Ceb merupakan sesuatu yang tidak terduga. OG merilis sebuah wawancara dengan Ceb pada hari ini, menampilkan offlaner yang menceritakan mengenai keputusannya untuk berhenti bermain Dota 2 yang kompetitif serta motivasi baru yang mendorongnya untuk kembali ke team dan mulai bermain secara kompetitif lagi.

Wawancara dimulai dengan Ceb membahas alasan yang membuatnya memutuskan untuk meninggalkan OG pada bulan Januari. Ceb mengatakan dia mulai berpikir tentang langkah lebih lanjut yang akan ia ambil setelah memenangkan dua pertandingan Internasional.  Bahkan sebelum mendapatkan gelar kedua, Ceb mendapati dirinya kurang dalam hal motivasi selama tahun-tahun ia bermain kompetitif.

“Kami bermain di playoff Paris Major, dan itu adalah hari playoff yang aneh,” kata Ceb. “Tapi rasanya seperti hari-hari lainnya, aku merasa lelah dan tidak ingin bangun dari tempat tidur.”  Setelah berbulan-bulan dan bertahun-tahun terbangun berjam-jam sebelum alarm berbunyi pada hari-hari pertandingan, semua mulai tampak mengecewakan bagi Ceb, dan dia tahu motivasinya yang mulai menurun bukanlah pertanda baik baginya dan tim.

Ceb menambahkan bahwa motivasinya selalu berada di titik tertinggi sepanjang masa selama TI, tetapi setelah TI terakhir, ia mulai bertanya-tanya apakah ia layak untuk bermain di kompetisi season lainnya. Keinginannya untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasukan OG adalah salah satu faktor utama yang menunda kepergiannya, tetapi dia juga menemukan lebih banyak cara untuknya masih bisa bermanfaat bagi tim bahkan jika dia tidak aktif bermain.

Namun, ketika sampai pada pemnahasan mengenai perasaannya, Ceb mengatakan bahwa dia menikmati melihat pemain belajar dan memahami bahwa sebenarnya tidak apa-apa untuk mengambil cuti. Meskipun sebagian besar pemain Dota 2 menikmati sensasi mendebarkan dalam match dan mereka menyukai Dota2 sampai ke akarnya, itu tidak mengubah fakta bahwa memainkan Dota2 pada tingkat kompetitif telah menjadi lebih memakan waktu dan melelahkan daripada beberapa tahun yang lalu.

Memiliki semua pemain di titik yang sama, bahkan dalam hal motivasi, adalah salah satu faktor yang menurut Ceb penting untuk kesuksesan tim. Hal ini mengharuskan pemain untuk memiliki kehidupan pribadi mereka tetap berjalan dengan baik dan pada dasarnya tidak meninggalkan apa pun dalam hidup mereka yang perlu mereka secara personal perhatikan.

Wawancara berakhir dengan Ceb berbicara tentang betapa ia merindukan bermain dengan rekan satu timnya Johan “N0tail” Sundstein dan Topias Miikka “Topson” Taavitsainen. Ia juga berkata kepada rekannya yang merupakan pensiunan, Anathan “ana” Pham dan Jesse “JerAx” Vainikka bahwa bermain dengan masing-masing dari mereka adalah sesuatu yang membuat bermain Dota 2 menyenangkan baginya.

“Saya ingin terus memainkan game ini dengan kepercayaan dan persahabatan kami,” kata Ceb.  “Apa yang kita miliki adalah suatu berkat, dan saya ingin mengingatkan tim lain tentang tempat mereka sama seperti yang kita lakukan di masa lalu.”

Ini bukan pertama kalinya OG memiliki salah satu pemain yang sudah pensiun, kembali bermain untik tim. Pemain carry OG kembali dari pensiun dua kali berturut-turut sebelum Internasional 2018 dan 2019, tak ayal memenangkan keduanya. Sementara para penggemar sudah mulai berspekulasi tentang memiliki daftar pemain OG lama kembali dengan kekuatan penuh sebelum International 10 terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *