TikTok Tolak Tawaran Microsoft Untuk Beli Operasi Mereka di U.S.

Esports Gaming

Nampaknya Tidak Hanya Microsoft, Namun Juga Penawar Lainnya

 

Microsoft mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu yang mengungkapkan bahwa tawarannya untuk membeli operasi platform video pendek TikTok di AS telah ditolak oleh ByteDance.  Microsoft dan Walmart sedang bernegosiasi untuk membeli platform dari perusahaan tersebut, dan mereka harus bersaing dengan penawar lain termasuk Oracle dan Twitter, menurut laporan yang diterbitkan.

“ByteDance memberi tahu kami hari ini bahwa mereka tidak akan menjual operasi TikTok di AS ke Microsoft,” tulis perusahaan itu dalam posting blog di hari Minggu. “Kami yakin proposal kami akan memberikan hasil yang baik untuk pengguna TikTok, sekaligus melindungi kepentingan keamanan nasional. Untuk melakukan ini, kami akan membuat perubahan signifikan demi memastikan layanan memenuhi standar tertinggi untuk keamanan, privasi, keamanan online, dan memerangi disinformasi, dan kami menjelaskan prinsip-prinsip ini dalam pernyataan bulan Agustus kami. Kami berharap dapat melihat bagaimana layanan berkembang di area penting ini. ”

Walmart juga mengeluarkan pernyataan singkat pada hari Minggu: “Walmart terus memiliki minat dalam investasi TikTok dan melanjutkan diskusi dengan kepemimpinan ByteDance dan pihak lain yang berkepentingan. Kami tahu bahwa setiap kesepakatan yang disetujui harus memenuhi semua persyaratan peraturan dan keamanan nasional. ”

Penolakan tawaran Microsoft mengikuti ubgkapant Presiden AS Donald Trump bahwa ia tidak akan memperpanjang tenggat waktu yang diberlakukan untuk perintah eksekutif Agustus yang memaksa ByteDance untuk menjual operasi TikTok AS. Tanggal batas waktu itu adalah Selasa, menurut apa yang dikatakan Trump pada hari Kamis.

Tapi pernyataan-pernyataan itu bukan satu-satunya perkembangan pada hari Minggu terkait dengan potensi penjualan TikTok: Sumber yang mengetahui diskusi ruang rapat ByteDance mengatakan kepada South China Morning Post bahwa kode sumber algoritma yang digunakan oleh TikTok tidak akan menjadi bagian dari penjualan apa pun.

“Perusahaan [ByteDance] tidak akan membagikan kode sumber ke pembeli AS mana pun, tetapi tim teknologi TikTok di AS dapat mengembangkan algoritme baru,” kata sumber itu kepada South China Morning Post. Sumber itu juga mengatakan kepada publikasi bahwa ByteDance telah memberi tahu otoritas AS dan calon penawar tentang keputusan tersebut.

Langkah terbaru ini kemungkinan untuk menghindari masalah dengan pemerintah China, yang baru-baru ini merevisi pembatasan ekspor, memaksa perusahaan untuk mendapatkan lisensi khusus untuk transfer algoritme, analisis teks, teknologi AI, dan banyak lagi. TikTok menggunakan teknologi perangkat lunak semacam ini, yang berarti ByteDance memerlukan lisensi khusus dari pemerintah China untuk menyelesaikan penjualan apa pun.

Penjualan juga harus disetujui oleh Komite Keuangan AS tentang Investasi Asing di Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *