Nexus Arabia, Sebuah Turnamen Besar dari Timur Tengah

Esports League of Legend

Timur tengah bukanlah region yang populer untuk esports – dimana biasanya event esports internasional terfokus disekitar North America dan Asia. Namun, mungkin event ini adalah salah satu gebrakan dari salah satu region yang “dilupakan”.

Dalam 3 hari, Riot Games akan menyelenggarakan total 6 kompetisi dengan hadiah keseluruhan mencapai $2m. Dan event ini juga merupakan bagian dari festival yang di namakan Riyadh Season, yang termasuk dalam acara musik dan event olahraga lainnya.

Seperti yang dilansir oleh Riot sebelumnya, mereka akan mengeluarkan localized version dari League Of Legends untuk MENA region (Middle East and North Africa) pada awal 2020. Tidak jauh berbeda dengan client yang sekarang kita gunakan, kecuali untuk bahasa dan font. Ini merupakan sebuah upaya Riot untuk menarik minat esports di region tersebut, karena pada dasarnya MENA region kurang mendapat sorotan publik dari dunia esports.

Diantara 5 sampai 7 Desember, Riot akan mengadakan tiga turnamen esports. Turnamen utama mempunyai prize pool sebesar $850k, dan tentu saja, sesuai judul artikel ini, nama event tersebut adalah Nexus Arabia.

Nexus Arabia akan mengikuti format turnamen League of Legends pada umumnya, yaitu 5v5. Sementara turnamen kedua mempunyai prize pool sebesar $750k dan akan melibatkan beberapa influencer-influencer game dan esports lokal. Turnamen ketiga mempunyai prize pool yang lebih sedikit, yaitu $400k dan merupakan event 1v1 Teamfight Tactics, yup. TFT. Sementara sebagian dari prize pool tersebut akan digunakan untuk kompetisi cosplay yang akan berlangsung selama event utama berjalan.

Jika kalian ingin berpartisipasi, sangat disayangkan karena kalian sudah terlambat. Kualifikasi untuk event ini telah berlangsung sejak November kemarin, mencakup 13 kota dari MENA region. Berikut adalah kutipan dari General Manager Riot Games untuk region METAI Onur Tamer tentang event tersebut :

Penyelenggaraan Nexus festival adalah salah satu dari rencana kami dalam menjangkau MENA region. Kami juga akan merilis produk-produk berbahasa Arab serta dengan localized version League of Legends untuk semua player di tahun depan.

Nexus Arabia ini merupakan bagian dari Riyadh Season dan diusulkan oleh General Entertainment Authority untuk mempromosikan region tersebut sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik. Walaupun Riyadh Season tidaklah berfokus hanya kepada gaming, namun ada beberapa game yang turut serta memeriahkan event tersebut, seperti PUBG Mobile.

Ini merupakan event pertama dan terbesar di Saudi Arabia. Dengan harapan, Nexus Arabia dan Riyadh Season akan mengguncang region itu sendiri, dan menumbuhkan bibit-bibit baru dalam esports, terutama untuk League of Legends. Semoga kita akan segera melihat tim-tim dari MENA region bertanding dengan musuh sekelas Cloud9, TSM, Fnatic, bahkan melawan salah satu tim favorit dan terkuat di dunia, SKT T1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *