Balancing Patch 10.4, Sona dan Soraka Nerf

Gaming League of Legend

Seperti yang diungkapkan Scruffy kemarin (11/2), akan ada sejumlah buff dan nerf yang akan hadir pada patch 10.4 mendatang selain nerf untuk Soraka Top.

Berdasarkan unggahan akun Twitter milik Mark Yetter alias Riot Scruffy, Riot Games resmi memperlihatkan gambaran kasar mengenai apa saja yang akan mendarat pada patch 10.4 mendatang. Daftarnya pun cukup panjang dan mungkin patch 10.4 akan menjadi patch besar.

Sona akan mendapat nerf yang cukup berat untuk mengurangi kemampuannya di Top Lane berupa tambahan biaya mana untuk Q, W, dan E dengan jumlah yang cukup besar yaitu 25 poin. Penambahan biaya ini akan membuat kebutuhan mana Sona selama fase laning menjadi lebih banyak.

Riot Games semakin mendorong pemain untuk memainkan Sona kembali sebagai Support dengan memungkinkan Sona mendapatkan kembali mana yang Ia keluarkan apabila ada rekan menerima efek dari ketiga skillnya.

Nerf untuk Soraka juga kembali mendapatkan perubahan. Tidak hanya mengubah nerf Starcall, namun base stat Soraka dan Astral Infusion juga ikut dihantam oleh nerfNerf ini diyakini mampu mengusir Soraka Top dan mengembalikannya ke posisi Support.

Selain nerf untuk Soraka dan Sona, dalam patch 10.4 kita juga akhirnya melihat gambaran kasar mengenai champion apa saja yang akan Riot Games masukkan ke dalam pool Jungle.

Seperti dalam artikel sebelumnya, kelima champion sudah dipastikan mendapat perubahan demi kekuatan di Jungle, Riot Games juga menambahkan 2 orang tank lagi yakni Gnar dan Mordekaiser. Skill-skil mereka kini akan mememberikan damage dan mendapatkan keuntungan lebih saat menyerang monster Jungle.

Buff ini sepintas akan membuat ketujuh champion tersebut bisa dimainkan di Jungle, namun sisi buruknya buff ini justru amat menguntungkan para laner. Kini mereka bisa mengambil beberapa camp Jungle lebih efektif meskipun tidak bermain sebagai Jungler.

Salah satu item wajib para tank yakni Bami Cinder, Sunfire Cape, dan Cinderhulk mengalami perubahan besar terhadap efek Immolate yang mereka miliki. Setiap 10 detik sekali, serangan hard CC akan memberikan bonus damage berdasarkan presentase bonus HP dan memberikan damage AoE.

Perombakan ini tentu akan sangat menguntungkan champion dengan hard CC yang biasa membeli item ini seperti para Tank. Jangan kaget jika para Tank di Top dan Jungle mulai kembali populer setelah buff ini dirilis.

Satu nerf yang mendapatkan sorotan adalah Perfect TimingPerfect Timing tidak lagi memberikan bonus CDR kepada Gargoyle StoneplateZhonya’s Hourglass, dan Guardian AngelStopwatch gratis baru bisa aktif setelah 14 menit dan mendapat pengurangan sebesar 2 menit untuk setiap kill.

Di satu sisi, keputusan untuk mencabut bonus CDR item-item tersebut memang bagus. Namun keputusan untuk memberikan pengurangan 2 menit dirasa tidak akan mengubah keadaan apapun. Nerf untuk Stopwatch juga tidak terlalu terasa karena hanya mendapatkan kenaikan harga menjadi 650 gold.

Satu buff yang menurut kami cukup menarik adalah Hail of Blades dimana durasi meningkat dan juga bisa di-reset saat berada di luar atau dalam pertarungan meskipun cooldown meningkat menjadi 8 detik. Buff ini akan membuat popularitas Hail of Blades bisa meningkat.

Patch 10.4 diprediksi akan meluncur pada tanggal 20 Februari mendatang dan perubahan-perubahan diatas masih bisa berubah lagi sebelum patch dirilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *