Pemerintah Indonesia Sahkan Esports Sebagai Olahraga

Esports Gaming League of Legend

Melalui KONI, Pemerintah Menyetujui Esports Sebagai Olahraga

Pemerintah Indonesia telah secara sah memperkenalkan esports sebagai olahraga pada Konferensi Nasional 2020 yang diselenggarakan minggu ini. Kementrian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Indonesia secara sah memperkenalkan esports sebagai “olahraga sepenuhnya” di negara Asia Tenggara dan menamakan PB Esports Indonesia sebagai “satu-satunya institusi yang meng-cover esports sebagai sebuah pencapaian olahraga di Indonesia dibawah KONI.”

Batu lompatan untuk atlet esports dan industri ini berarti esports dapat dimasukkan sebagai olahraga sah dalam kompetisi level nasional seperti Pekan Olahraga Nasional, meskipun pandemi COVID-19 telah mengubah acara olahraga live di seluruh dunia menjadi online.

Indonesia kini bergabung dengan pemerintah Filipina dan Malaysia sebagai negara Asia Tenggara yang telah mengesahkan esports sebagai olahraga sepenuhnya.

Esports telah dimasukkan sebagai bagian dari kompetisi multi-sports internasional, dengan game seperti League of Legends, StarCraft II, dan Clash Royale yang dimainkan sebagai pertunjukkan esports di Asian Games 2018 di Jakarta, Indonesia, sementara SEA Games 2019 di Filipina menjadikan esports sebagai acara yang memberikan medal sebagai hadiah untuk pertama kalinya.

Esports juga dirumorkan menjadi bahan pertimbangan untuk Summer Olympics 2024 di Paris, meskipun rumor ini belum pernah dikonfirmasi oleh Komite Olimpik Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *